Senin, 06 Juli 2020

RUANG LINGKUP MATERI KELAS VIII

Teman-teman, agar belajar kalian lebih terarah berikut ini disajikan tabel Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan yang harus kalian pelajari selama satu tahun. Setiap materi telah dirinci menjadi per setengah semester. Jadi kalian dapat membuat target dan pengaturan waktu belajar kalian. Ini bersumber dari keputusan MGMP IPA Kab. Jepara. Untuk daerah lain mungkin ada perbedaan. Tetapi secara keseluruhan materi pasti sama karena semua materi mengacu pada permendikbud tahun 2016 tentang standar isi dan lampiran nomor 24 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

SEMESTER 1

No

KD 3

KD 4

JUDUL BAB

1.

3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia

Gerak pada mahluk hidup

2.

3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda

Gerak Benda

3.

3.3.Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia

4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari

Pesawat sederhana

4.

3.4 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

4.4 Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan

Struktur Jaringan Tumbuhan

Batas Mid Semester 1

5.

3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan

4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi

Sistem Pencernaan pada manusia

6.

3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan

4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan

Zat aditif dan Zat Adiktif

7.

3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah

4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) pada frekuensi denyut jantung

Sistem peredaran darah pada manusia

 


SEMESTER  2
No
KD 3
KD 4
JUDUL BAB
1.
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan

4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan

Tekanan zat
2.
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernafasan.

4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan

Sistem Pernapasan pada manusia
3.
3.10.Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi

4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga

Sistem ekskresi pada manusia
Batas Mid Semester 2
4.
3.11.Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan

4.11.Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi

Getaran, gelombang dan bunyi
5.
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik

4.12 Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa

Cahaya dan Indera Penglihatan

1 komentar: