Teman-teman, agar belajar kalian lebih terarah berikut ini
disajikan tabel Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan yang harus kalian
pelajari selama satu tahun. Setiap materi telah dirinci menjadi per setengah
semester. Jadi kalian dapat membuat target dan pengaturan waktu belajar kalian.
Ini bersumber dari keputusan MGMP IPA Kab. Jepara. Untuk daerah lain mungkin
ada perbedaan. Tetapi secara keseluruhan materi pasti sama karena semua materi
mengacu pada permendikbud tahun 2016 tentang standar isi dan lampiran nomor 24
tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
SEMESTER 1
NO
|
KD
|
|
JUDUL BAB
|
1
|
3.1
Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan
satuan standar (baku)
|
4.1
Menyajikan data hasil pengukuran dengan
alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makh
luk hidup lain, dan benda-benda di sekitar
dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan
baku.
|
Obyek IPA dan
Pengamatannya
|
2
|
3.2Mengklasifikasikan makhluk
Hidup dan benda
berdasarkan karakteristik yang diamati.
.
|
4.2Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati
|
Klasifikasi Makhluk Hidup
|
3
|
3.3
Menjelaskan konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan
kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.3
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya
Tentang sifat larutan , perubahan fisika dan
perubahan kimia, atau pemisahan campuran
|
Klasifikasi Materi dan Perubaahannya
|
Batas Mid Semester 1
|
|||
4
|
3.4
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme
menjaga kestabilan suhu tubuh pada manu-
sia dan hewan.
|
4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pen- garuh kalor terhadap suhu
dan wujud benda serta perpindahan kalor.
|
Suhu dan perubahannya
|
5
|
3.5
Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan
bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis.
|
4.5
Menyajikan hasil percobaan tentang perubah-
an bentuk energi, termasuk fotosintesis.
|
Kalor dan Perubahannya
|
SEMESTER 2
NO
|
KD 3
|
KD 4
|
JUDUL BAB
|
1
|
3.7
Menganalisis interaksi antara makhluk hidup
dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi tersebut.
|
4.7
Menyajikan hasil pengamatan terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
sekitarnya.
|
Sistem Organisasi Kehidupan
|
2
|
3.8
Menganalisis terjadinya pencemaran lingkun-
gan dan dampaknya bagi ekosistem. .
|
4.8
Membuat tulisan tentang gagasan penyele- saian masalah pencemaran di
lingkungannya
berdasarkan hasil pengamatan.
|
Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
|
3
|
3.9
Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem
|
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi /
penanggulangan masalah perubahan iklim
|
Pencemaran Lingkungan
|
Batas Mid Semester 2
|
|||
4
|
3.10
Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi dan tindakannya
pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasaca bencana sesuai ancaman
bencana di daerahnya
|
4.10 mengkomunikasikan upaya pengurangan resiko
dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi
bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana didaerahnya
|
Lapisan Bumi
|
5
|
3.11 menganalisis sistem tata surya , rotasi dan
revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan serta dampaknya bagi kehidupan di
bumi
|
4. 11 menyajikan karya tentang dampak rotasi dan
revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan dibumi berdasarkan hasil pengamatan
atau penelusuran berbagai sumber informasi
|
Tata surya
|
mau mengingatkan saja
BalasHapusMTK itu tidak wajib,yang wajib itu shalat!!