MODUL IPA
PEMBELAJARAN JARAK JAUH SMP NEGERI 1 BANGSRI SEMESTER 1PETUNJUK BELAJAR:
Langkah-langkah yang harus kalian lakukan dalam PJJ dengan menggunakan MODEL DABLOG ini adalah sebagai berikut.
1. Usahakan memiliki buku siswa cetakan terbaru (dari perpustakaan sekolah)
2. Baca dan pahamilah tujuan pembelajaran dengan baik.
3. Selesaikan Bab ini dalam 3 x pertemuan dengan rincian pertemuan pertama "Pengertian Arus Listrik dan Hukum Ohm", pertemuan kedua "Hambatan Penghantar", pertemuan ketiga "Rangkaian Seri dan Parallel"
4. Mulailah mempelajari modul ini dengan fokus dan konsentrasi jangan lupa berdo'a, bila mengalami kesulitan diskusikan dengan temanmu atau gurumu.
5. Setelah kamu merasa memahami materi, kerjakan tugas dan latihan soal dalam buku tulismu.
6. Periksalah hasil pekerjaanmu dengan mencocokkan kunci jawaban dalam MODEL DABLOG ini.
7. Selanjutnya kerjakan tes akhir, bila kamu mendapatkan nilai sekurang-kurangnya 75 berarti kamu bisa melanjutkan ke KD berikutnya, jika belum kalian harus mengulang untuk mempelajari KD ini kembali.
A. PENDAHULUAN
Pernahkah kamu kestrum? Disaat kamu bermain lampub LED dengan bateria mungkin kamutidak merasakan sengatan listrik, berbeda jika kamu menyentuh kabel pada instalasi listrik dirumahmu, hemm... jangan coba-coba ya! Arus listrik yang dihasilkan oleh baterai adalah berjenis DC atau searah. Arus listrik tipe ini bersifat kontinyu sehingga efek sengatannya tidak terasa, tetapi akan terasa jika kabelnya kamu sentuhkan dengan lidahmu. Sedangkan arus listrik pada instalasi rumahmu adalah berjenis AC atau bolak-balik dengan frekuensi getaran 50 Hz. Oleh karena itu sengatannya akan terasa sekali, disamping itu juga tegangannya cukup besar (220 V). Dirumahmu juga terdapat saklar untuk memilih lampu mana yang kamu nyalakan atau matikan, tetapi jika rangkaiannya salah, maka saklar tidak akan bekerja dengan baik. Untuk itu dikenal rangkain seri dan parallel. Apa perbedaan keduanya? Yuk kamu harus pelajari lebih lanjut.
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik.
4.5 Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Menjelaskan syarat mengalirnya arus listrik
2. Menjelaskan pengertian kuat arus listrik dan beda potensial.
3. Menggunakan dan membaca amperemeter dan voltmeter
4. Memahami hubungan V dan I sesuai hukum Ohm
5. Menunjukkan sikap tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan percaya diri.
Materi Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Menjelaskan pengertian hambatan
2. Mendeskripsikan perbedaan konduktor dan isolator
3. Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan penghantar
4. Menentukan kriteria penghantar yang baik
5. Menghitung hambatan pengganti dan susunan Resistor
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Mendeskripsikan karakteristik rangkaian seri
2. Mendeskripsikan karakteristik rangkaian paralel
3. Menerapkan hukum ohm dan Kirchhoff dalam rangkaian
4. Menghitung hambatan pengganti
5. Menunjukkan sikap tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan percaya diri.
Kegiatan Belajar 1
1. Syarat Terjadinya Aliran Listrik Dalam Rangkaian
Bagaimana kamu menyalakan lampu center? Pada lampu center ada tombol on dan off. Tombol ini disebut juga dengan saklar. Saat posisi on maka lampu menyala sedangkan pada posisi off lampu akan padam. Saat lampu menyala itulah terjadi aliran listrik dalam rangkaian. Apa sajakah yang menjadi syarat terjadinya arus listrik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut lakukanlah penyelidikan sederhana berikut!
Arus listrik dalam rangkaian akan mengalir jika saklar pada posisi On. Pada posisi ini disebut rangkaian tertutup. Arus listrik akan terputus jika saklar di Off kan, atau rangkaian dalam kedaan terbuka. Baterai berfungsi sebagai sumber tegangan dan kabel sebagai penghantar bersifat konduktor).
Arus listrik (Ampere) dapat mengalir dalam rangkaian listrik jika terdapat sumber tegangan (volt). Yang termasuk sumber tegangan antara lain, baterai, accumulator (aki), dan generator. Alat-alat inilah yang dapat menciptakan beda potensial sehingga muatan listrik dapat mengalir.
Percobaan George Simon Ohm menunjukkan bahwa beda potensial (volt) berbanding lurus dengan kuat arus yang mengalir (ampere). Selama suhunya tetap, perbandingan antara beda potensial dan kuat arus listrik menghasilkan bilangan yang tetap. Bilangan tersebut disebut dengan hambatan listrik (ohm).
atau dalam bentuk lain kuat arus (I) adalah besarnya teganan (v) dibagi dengan hambatannya (R).
2. Dua buah kabel masing-masing hambatannya adalah 20 Ω dan 40 Ω. Apa bila perbandingan panjang keduanya adalah 2:3, maka perbandingan luas penampang kedua kabel tersebut adalah ... .
3. Sebuah penghantar terbuat dari bahan yang memiliki hambatan jenis 4π x 10-5 Ωm. panjang penghantar tersebut adalah 100 meter. Bila diameter penampangnya adalah 0,2 mm, maka berapakah hambatan penghantar tersebut?
4. Apabila sekelompok siswa ingin menyelidiki jenis bahan dari sebuah penghantar dengan menggunakan prinsip hukum Ohm, maka :
a. besaran yang harus dihitung adalah ...
b. sedangkan besaran-besaran yang harus diukur setidaknya ada 4. Sebutkan 4 besaran yang dimaksud beserta alat ukurnya.
No. |
Besaran |
Alat Ukur |
Keterangan |
1. |
|
|
Digunakan untuk menghitung hambatan |
2. |
|
|
|
3. |
|
|
Digunakan untuk menghitung luas penampang |
4. |
|
|
- |
Rangkaian seri adalah rangkaian yang tidak bercabang. Perhatikan gambar berikut!
1. Penilaian kompetensi sikap : Dilakukan selama proses pembelajaran daring dibuktikan dengan daftar hadir, umpan balik berupa komentar, pertanyaan dan diskusi, dan kelengkapan tugas.
2. Penilaian kompetensi pengetahuan: Dilakukan diakhir pertemuan berupa tes tertulis secara daring melalui google form. link dan token akan dishare kemudian (tunggu saja ya!)
3. Penilaian kompetensi keterampilan: Dilakukan diakhir pertemuan berupa membuat
mau mengingatkan saja
BalasHapusMTK itu tidak wajib,yang wajib itu shalat!!
jika tidak mengetahui MTK dasar, bagaimana mengerti bilangan rakaat dalam solat?
Hapus