Kamis, 11 Februari 2021

BAB 9 PARTIKEL PENYUSUN BENDA DAN MAKHLUK HIDUP

 MODUL IPA

PEMBELAJARAN JARAK JAUH SMP NEGERI 1 BANGSRI SEMESTER 2
PETUNJUK  BELAJAR:
Modul dalam bentuk blog ini dirancang sebagai panduan belajar dalam sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ dan Saya beri nama MODEL DABLOG. Kelebihan MODEL DABLOG ini selain memuat materi dalam bentuk teks yang ringkas, juga dibuatkan link youtube dengan konten yang telah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Sehingga kalian dapat belajar secara mandiri dengan efektif. Tingkat keberhasilan dari PJJ tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan kalian dalam belajar. 

Langkah-langkah yang harus kalian lakukan dalam PJJ dengan menggunakan MODEL DABLOG ini adalah sebagai berikut.

1. Usahakan memiliki buku siswa cetakan terbaru (dari perpustakaan sekolah) 

2. Baca dan pahamilah tujuan pembelajaran dengan baik.

3. Selesaikan Bab ini dalam 3 x pertemuan dengan rincian pertemuan pertama "Partikel penyusun benda dan Lambang Atom", dan pertemuan kedua " Konfigurasi Elektron dan Ikatan Kimia" dan "Praktik menyelidiki sifat bahan"

4. Mulailah mempelajari modul ini dengan fokus dan konsentrasi jangan lupa berdo'a, bila mengalami kesulitan diskusikan dengan temanmu atau gurumu.

5. Setelah kamu merasa memahami materi, kerjakan tugas dan latihan soal dalam buku tulismu.

6. Periksalah hasil pekerjaanmu dengan mencocokkan kunci jawaban dalam MODEL DABLOG ini.

7. Selanjutnya kerjakan tes akhir, bila kamu mendapatkan nilai sekurang-kurangnya 75 berarti kamu bisa melanjutkan ke KD berikutnya, jika belum kalian harus mengulang untuk mempelajari KD ini kembali.


A. PENDAHULUAN

Setiap benda memiliki karakteristik yang khas. Karakteristik yang dimaksud adalah sifat fisika dan sifat kimia benda. Bagaimana itu bisa terjadi, dan apa penyebabnya? Setelah kalian menyelesaikan modul ini, kalian akan menemukan jawabannya.


KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN :
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN:
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari

Materi Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui PJJ siswa dapat menjelaskan penyebab benda memiliki sifat yang berbeda
2. Melalui PJJ siswa dapat mendeskripsikan atom penyusun benda
3. Melalui PJJ siswa dapat memahami lambang atom
4. Melalui PJJ siswa dapat menunjukkan rasa tanggung jawab, rasa ingin tahu dan disiplin.

Materi Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui PJJ siswa dapat memahami cara menkonfigurasi elektron
2. Melalui PJJ siswa dapat menganalisis ikatan kimia sederhana
3. Melalui PJJ siswa dapat menghubungkan ikatan kimia antar atom dengan sifat fisika dan kimia benda.
4. Melalui PJJ siswa dapat menunjukkan rasa tanggung jawab, rasa ingin tahu dan disiplin.

Materi Pertemuan 3
Tujuan Pembelajaran melalui PJJ siswa dapat melakukan penyelidikan sifat fisika dan sifat kimia bahan dengan menunjukkan rasa tanggung jawab, rasa ingin tahu dan disiplin.

B. KEGIATAN BELAJAR

Kegiatan Belajar 1

Materi dalam bentuk Audio-Visual ada di link berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=QtKJ0u5QU2M&t=35s











A.     Partikel dalam Benda dan Makhluk Hidup

Benda mati maupun makhluk hidup tersusun dari partikel-partikel penyusunnya. Partikel tersebut dapat berupa atom-atom dan ion yang saling berikatan satu sama lain membentuk molekul unsur dan molekul senyawa. Senyawa-senyawa tersebut dapat berupa protein, karbohidrat, lemak, dan lain sebagainya. Protein tersusun dari atom C, H, O dan N. Karbohidrat dan lemak tersusun dari atom C, H, dan O.

Sifat fisika dan kimia setiap benda ditentukan oleh jenis atom-atom penyusunnya, jumlah atom-atom penyusunnya, dan jenis ikatan antar atom-atom penyusunnya. Contohnya adalah kayu dan ubi kentang. Meskipun kayu dan ubi kentang tersusun dari jumlah dan jenis atom yang sama, tetapi keduanya memiliki karakter yang berbeda. Hal ini disebabkan ikatan antar atom yang terbentuk pada ubi dan kayu berbeda. Ubi memiliki sifat mudah dicerna sehingga dapat dikonsumsi, sedangkan kayu memiliki sifat keras dan sulit dicerna kecuali dibantu dengan enzim selulosa seperti yang dimiliki oleh rayap.


B.     Atom dan Partikel Penyusunnya

1.    Partikel Subatom

Partikel terkecil penyusun benda disebut dengan atom. Namun demikian atom-atom memiliki bagian yang yang lebih kecil lagi yang disebut dengan partikel subatom. Perhatikan gambar model atom berikut.


Setiap atom tersusun dari inti atom (nucleus) dan kulit atom.
Inti atom terdiri dari proton dan neutron yang membentuk padatan karena diikat oleh energi ikat inti.
Kulit atom merupakan tempat beredarnya elektron yang senantiasa bergerak mengelilingi inti atom.
Banyaknya kulit atom tergantung dari banyaknya elektron.
Proton = partikel bermuatan positif
Elektron = partikel bermuatan negatif
Neutron = partikel tidak bermuatan

 

 2.    Nomor Atom dan Nomor Massa

Untuk memudahkan mempelajari atom dan karakteristiknya, maka dibuatlah lambang atom yang unik sebagai berikut.


Nomor massa (A) merupakan angkan pembulatan yang selalu lebih besar dari nomor atom (Z).

Nomor atom menyatakan jumlah proton atau jumlah elektron.

Nomor massa menyatakan jumlah proton ditambah jumlah neutron.

Perlu diketahui nomor massa menyatakan massa atom yang berasal dari proton dan neutron, sedangkan massa elektron diabaikan karena sangat ringan jika dibandingkan dengan proton dan neutron.

Nomor atom merupakan nomor urut susunan atom pada SPU (Sistem Periodik Unsur) berupa baris (periode) dan kolom (Golongan).

 

TUGAS 1:

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.     Jelaskan mengapa, setiap benda memiliki karakteristik yang khas sehingga berbeda dengan benda lain?

2.     Deskripsikanlah bagaimana bentuk dan komposisi sebuah atom!

3.     Perhatikanlah gambar berikut!

Identifikasilah persamaan dan perbedaan antara gambar a dan gambar b!

4.     Perhatikan gambar lambang atom berikut!

11Na23

a.    Lambang atom        = …

b.    Nomor massa          = …

c.    Nomor atom           = …

d.    Jumlah proton         = …

e.    Jumlah elektron      = …

f.     Jumlah neutron       = …


Kegiatan Belajar 2

A.     Prinsip Pembentukan Ion dan Molekul

1.    Konfigurasi Elektron

Konfigurasi elektron merupakan susunan elektron pada kulit-kulit atom. Untuk menyusun elektron pada kulitnya maka harus memenuhi aturan aturan tertentu.


Aturan konfigurasi elektron
1. Kulit K harus terisi 2 atau kurang.
2. Kulit L maksimum terisi 8 atau kurang.
3. Untuk kulit ke M dan seterunya berlaku :
a) Jika sisa elektron lebih dari 8 dan kurang dari 18 maka harus diuraikan menjadi “8” dan sisanya lagi diisikan pada kulit berikutnya.
b) Lebih dari 18 dan kurang dari 32 maka harus diuraikan menjadi 18 dan sisanya selanjutnya mengikuti ketentuan nomor 1, tetapi kalau masih sama atau lebih dari 18 maka diuraikan lagi menjadi 18 dan sisanya selanjutnya mengikuti ketentuan no 1.
c) Lebih dari 32 maka harus diuraikan menjadi 32 dan sisanya selanjutnya mengikuti ketentuan nomor 2. dst....

Contoh : Perhatikan lambang atom berikut.

17Cl35

 ·      Lambang atom = Cl (Klor)

·      Massa atom = 35

·      Nomor atom = 17

·      Jumlah proton = 17

·      Jumlah elektron = 17

·      Jumlah neutron = 35-17 = 18

·      Konfigurasi elektronnya adalah sebagai berikut:

K (2)       L (8)        M (7)

                 

Dari konfigurasi elektron ini dapat diperoleh informasi bahwa atom Cl:

memiliki jumlah kulit 3 (ada di periode 3).

memiliki elektron valensi 7 (berada pada golongan VIIA).

Elektron valensi adalah jumlah elektron pada kulit terluar.

Agar stabil Cl cenderung menangkap 1 buah elektron (menjadi Anion)

2.    Kation dan Anion

Secara alamiah atom dalam kondisi normal memiliki jumlah proton dan elektron yang sama. Namun atom-atom yang jumlah elektron pada kulit terluarnya tidak penuh atau tidak 8, maka atom tersebut dalam keadaan tidak stabil. Atom-atom yang tidak stabil akan cenderung melepas atau menangkap elektron. Atom yang melepas elektronnya, akan menjadi ion positif (kation) sedangkan atom-atom yang menangkap elektron, akan menjadi ion negatif (Anion).


3.    Ikatan Kimia

Ikatan kimia dibedakan menjadi ikatan ion dan ikatan kovalen. Ikatan ion adalah ikatan antara ion positif dengan ion negatif. Contohnya pembentukan natrium klorida (NaCl). Ikatan kovalen adalah ikatan antar atom karena penggunaan elektron bersama. Contohnya adalah Cl2 dan O2. Jika menggunakan sepasang elektron maka disebut ikatan konalen rangkap satu, jika menggunakan dua pasang elektron maka disebut ikatan kovalen rangkap dua, dan jika menggunakan tiga pasang elektron maka disebut eikatan kovalen rangkap tiga.


MATERI DALAM BENTUK VIDEO DAPAT DILIHAT PADA LINK BERIKUT.

D.     Sifat zat dan hubungannya dengan partikel pemyusun dan strukturnya

1.    Sifat Fisika

Sifat fisika merupakan sifat yang dapat diamati tanpa mengubah ciri-ciri dan komposisi suatu benda. Sifat fisika ini juga dipengaruhi oleh atom dan ikatan antar atom yang menyusun benda. Contoh sifat fisika antara lain: massa jenis (densitas), kekerasan, elastisitas, daya hantar panas, daya hantar listrik, kemagnetan, viskositas (kekentalan), titik didih, titik beku, dll.

2.    Sifat Kimia

Sifat kimia merupakan sifat yang tampak  ketika benda tersebut mengalami perubahan secara kimia. Sifat kimia ini juga dipengaruhi oleh atom dan ikatan antar atom yang menyusun benda. Contoh sifat kimia antara lain: kestabilan, kereaktifan dan korosifitas.

 

Tugas 2 :

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.     Jelaskan perbedaan antara kation dan anion!

2.     Apakah yang dimaksud dengan ikatan ion? Sebutkanlah contohnya!

3.     Apa yang dimaksud dengan ikatan kovalen? Sebutkanlah contohnya!

4.     Perhatikanlah lambang atom berikut!

11Na23

a.    Lambang atom         = …

b.    Massa atom             = …

c.    Nomor atom            = …

d.    Jumlah proton         = …

e.    Jumlah elektron       = …

f.     Jumlah neutron        = …

g.    Konfigurasi elektron = …

h.    Jumlah kulit            = …

i.     Elektron valensi       = …

j.     Kestabilan               = …

k.    Agar stabil cenderung = …


Kegiatan Belajar 3 :

Setelah kamu mengetahui sifat fisika dan sifat kimia suatu materi serta hubungannya dengan ikatan kimia yang terbentuk, berikutnya lakukanlah kegiatan berikut, untuk mengetahui serta memahami sifat kimia dan sifat fisika bahan dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas 3 (Keterampilan):

Siapkanlah alat-alat sebagai berikut!

·         Paku besi

·         Paku alumunium (paku payung)

·         Asam cuka (jangan terkena mata, jangan ditelan)

·         Lilin dan korek api

·         Baterai, kabel dan lampu

·         Palu

Lakukanlah sebuah percobaan untuk menyelidiki sifat fisika dan kimia zat, kemudian bandingkanlah antara sifat keduanya dan isikanlah hasilnya pada tabel berikut!

Sifat

Paku besi

Paku payung

Kekerasan

 

 

Elastisitas

 

 

Daya hantar panas

 

 

Daya hantar listrik

 

 

Korosifitas

 

 


Uji Kompetensi Bab Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup :

Jawablah dengan cara memberi tanda silang pada huruf a, b, c atau d sebagai jawaban yang benar!

1.     Perhatikan gambar umbi kentang dan kayu berikut!











Manakah pernyataan berikut yang salah?

a.  Senyawa penyusun umbi kentang dan kayu tersusun dari jenis atom yang sama

b.  Senyawa penyusun umbi kentang dan kayu memiliki jumlah atom yang sama

c.  Umbi kentang dan kayu memiliki sifat fisika dan kimia yang sama karena tersusun dari atom-atom yang sama

d.  Umbi kentang dan kayu memiliki sifat fisika dan kimia yang berbeda karena memiliki ikatan kimia yang berbeda

 

2.     Seorang ilmuan yang memiliki pendapat bahwa :

“Atom sebagai bola yang di tengah tengahnya terdapat inti atom yang merupakan pusat muatan positif dan pusat massa. Sedangkan elektron-elektron berputar mengelilingi inti”.

 Pendapat tersebut dikemukakan oleh ...

a. Niels Bohr                                             c. J. John Thomson

      b. Ernest Rutherford                                        d. John Dalton

3.     Perhatikanlah gambar model atom sebagai berikut!



Yang merupakan Proton ditunjukkan oleh nomor ...

a. 1                           c. 3

b. 2                           d. 4

 

4.     Perhatikanlah lambang atom sebagai berikut ini!

      11Na23

Pernyataan :

1)     Massa atomnya adalah 23

2)     Jumlah protonnya adalah 11

3)     Jumlah elektron kulit terluarnya adalah 11

4)     Jumlah neutronnya 11

Pernyataan yang benar berdasarkan lambang atom tersebut adalah ...

a. 1, 2 dan 3                                                      c. 1, 3 dan 4

b. 1, 2 dan 4                                                      d. 2, 3 dan 4

 

5.     Atom-atom netral dapat berubah menjadi ion. Berikut adalah pernyataan-pernyataan tentang terbentuknya ion.

1)     Ion positif terbentuk karena menangkap proton bebas

2)     Ion negatif terbentuk karena melepaskan protonnya

3)     Atom yang melepaskan elektronnya akan menjadi ion positif

4)     Atom-atom yang menangkap elektron bebas akan menjadi ion negatif

 

Pernyataan-pernyataan yang benar adalah ...

a.     1 dan 2                                              c. 2 dan 3

b.     1 dan 3                                              d. 3 dan 4

 

6.     Perhatikan pernyataan berikut!

1.     Atom yang melepaskan sebuah elektron

2.     Atom yang menangkap dua buah elektron

3.     Atom yang jumlah elektronnya lebih banyak dari jumlah protonnya

4.     Atom yang jumlah protonnya sama dengan jumlah elektronnya

 

Pernyataan yang sesuai dengan ion negatif adalah ...

c.      1 dan 2                                              c. 2 dan 3

d.     1 dan 3                                              d. 3 dan 4

 

7.     Perhatikan tabel berikut!

Bilangan kuantum (n) ke

Nama Kulit Atom

Daya Tampung Elektron Maksimum

1

K

2

2

L

8

3

M

18

 

Berdasarkan tabel tersebut, jumlah elektron maksimum yang dapat ditampung oleh kulit O adalah ...

a.     28                                                     c. 50

b.     32                                                     d. 72

 

8.   Di alam jarang sekali ditemukan atom-atom dalam keadaan bebas melainkan dalam keadaan berikatan dengan atom lain baik yang sejenis maupun tidak sejenis membentuk molekul dalam ikatan kimia.

Berikut ini manakah yang terbentuk melalui ikatan kovalen rangkap 2 ?

a.     H dengan jumlah elektron 1                            c. N dengan jumlah elektron 7

b.     O dengan jumlah elektron 8                  d. Mg dengan jumlah elektron 12  

     

9.  Intan bersifat sangat kuat dan keras serta memiliki titik lebur yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena intan memiliki ... .

a.     Ikatan ion antar atom C yang sangat kuat

b.     ikatan kovalen antar atom C membentuk struktur tetra hedral

c.      elektron yang mudah bergerak dalam strukturnya

d.     proton dan neutron yang sangat kuat

10.     Berikut ini yang termasuk sifat fisika adalah ... .

a.     viskositas, kekerasan, dan elastisitas

b.     kestabilan, korosifitas, dan kereaktifan

c.      viskositas, konduktivitas, dan kestabilan

d.     korosifitas, elastisitas, dan kemagnetan



Salinlah jawabanmu, kemudian pindahkan ke link berikut agar dapat dinilai!

https://forms.gle/NZWfKhW3EPftL5ZU6



C. RANGKUMAN

1. Setiap benda dan makhluk hidup tersusun oleh molekulmolekul. Molekul ini tersusun atas partikel yang lebih kecil yaitu atom.

2. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton yang memiliki muatan positif, elektron yang memiliki muatan negatif, dan neutron yang tidak bermuatan.

3. Selain disusun oleh molekul yang berbeda, sifat-sifat suatu materi atau benda yang berbeda juga dapat disebabkan oleh perbedaan susunan molekul-molekul dalam materi itu.

4. Ada beberapa teori perkembangan atom, yaitu teori Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan teori atom modern.

5. Partikel subatom, misalnya elektron banyak digunakan dalam berbagai bidang, misalnya dalam mikrokskop elektron dan sinar-X.

6. Setiap atom memiliki nomor atom dan nomor massa. Nomor atom menunjukkan jumlah proton, sedangkan nomor massa menunjukkan penjumlahan proton dan neutron.

7. Molekul dan atom yang menerima atau melepas elektron menjadi bermuatan dan membentuk ion.

8. Proses pembentukan ion itu disebut ionisasi. Ion yang bermuatan positif disebut kation. Sedangkan ion yang bermuatan negatif secara umum disebut anion. Gaya tarik-menarik antara kation dan anion dalam senyawa tersebut disebut ikatan ionik.

9. Pembentukan ikatan kimia melalui penggunaan bersama elektron antardua atom disebut dengan ikatan kovalen.

10. Susunan elektron di dalam suatu atom disebut dengan konfigurasi elektron.

11. Tingkat energi dalam suatu atom berturut-turut adalah tingkat energi K atau n=1 yang dapat ditempati oleh 2 elektron, L untuk n=2 yang dapat ditempati oleh 8 elektron, M untuk n=3 yang dapat ditempati oleh 18 elektron dan seterusnya.

12. Uji nyala dapat digunakan untuk mengetahui kandungan beberapa unsur dalam suatu senyawa secara sederhana.

13. Intan dan grafit tersusun dari atom yang sama yaitu atom karbon (C), namun membentuk struktur dan jenis ikatan yang berbeda sehingga dapat dihasilkan karakteristik yang berbeda. Pada intan masing-masing atom karbon (C) mengikat empat atom karbon (C) lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral.

14. Ada beberapa jenis plastik didasarkan pada bahan penyusunnya, yaitu plastik PETE, HDPE, PVC, LDPE, PP, PS, dan jenis lain.

15. Masing-masing jenis plastik memiliki karakteristik yang berbeda sehigga pemanfaatannya juga perlu memperhatikan karakteristik dari jenis plastik tersebut.

16. Ada banyak jenis logam yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya baja, stainless steel, galvalum, perunggu,

dan kuningan. 17. Suatu logam dapat dipadukan dengan logam yang lain sehingga

dapat diperoleh sifat yang baru. 18. Tulang tersusun atas bagian yang hidup yaitu sel-sel tulang (osteosit) dan bagian tak hidup. Zat organik penyusun tulang antara lain yaitu kolagen, proteinpolisakarida, dan glikoaminoglikan. Zat anorganik penyusun tulang yaitu senyawa hidroksiapetit.


D. KUNCI JAWABAN

Tugas 1:

1. Karena setiap benda dapat tersusun dari jenis atom yang berbeda, jumlah atom-atom yang berbeda, serta ikatan kimia antar atom yang berbeda-beda.

2. Atom terdiri dari inti atom dan kulit atom. Inti atom berada ditengah dan terdiri dari proton dan neutron. kulit atom terbentuk sebagai tempat lintasan elektron yang terus bergerak mengelilingi inti atom.

3. Persamaan = tersusun dari jenis atom yang sama yaitu C,H dan O serta jumlah yang sama

     Perbedaan = jenis ikatan antar C,H, dan O 

4. a. Na; b. 23; c. 11; d. 11; e. 11; f. 12


Tugas 2:

1. Kation merupakan atom bermuatan positif, disebabkan telah melepaskan beberapa elektronnya, sedangkan anion merupakan atom bermuatan negatif, disebabkan menangkap beberapa elektron dari atom lain.

2. Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi antara ion positif dan ion negatif, contohnya pembentukan NaCl.

3. Ikatan kovalen adalah ikatan antara atom karena penggunaan pasangan elektron bersama. Contohnya Cl2, O2 dan N2.

4. a. Na; b. 23; c. 11; d. 11; e. 11; f. 12; g. K (2) L(8) M (1); h. 4; i. 1; j. tidak stabil; k. melepaskan 1 elektron


Tugas 3 :

Sifat

Paku besi

Paku payung

Kekerasan

 Kurang keras

 Keras

Elastisitas

 Elastis

 Kurang elastis

Daya hantar panas

 Baik

 Baik

Daya hantar listrik

 Baik

 Baik

Korosifitas

 Lebih cepat berkarat

 Lambat berkarat


Uji Kompetensi:

1. c; 2. b; 3. a; 4. a; 5. d; 6. c; 7. c; 8. b; 9. b; 10. a


E. PENILAIAN

Setelah kamu mempelajari bab ini, maka penilaian akan dilakukan sebagai berikut.
1. Penilaian kompetensi sikap : Dilakukan selama proses pembelajaran daring dibuktikan dengan daftar hadir, kedisiplinan mengerjakan tugas, umpan balik berupa komentar, pertanyaan dan diskusi, dan kelengkapan tugas.

2. Penilaian kompetensi pengetahuan: Dilakukan diakhir pertemuan berupa tes tertulis secara daring melalui google form. link dan token akan dishare kemudian (tunggu saja ya!)

3. Penilaian kompetensi keterampilan: Tugas keterampilan adalah Tugas 3

2 komentar:

  1. Para siswa sekalian, silahkan belajar mandiri ya. karena waktu kita sangat terbatas, sehingga jalan terbaiknya adalah segera menyelesaikan tugas dan belajar sesuai dengan target

    BalasHapus