KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH
TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Pelaksanaan UN Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya oleh karena pemberlakuan dua kurikulum sekaligus, yaitu KTSP dan KURTILAS. Nah, untuk itu pemerintah memilki kebijakan untuk mengambil jalan tengah antara keduanya sehingga pelaksanaan UN tahun 2016 tetap bisa berjalan tanpa harus membuat dua macam soal. tentu anggaran yang dikeluarkan tidak perlu bertambah bukan?
Teman-teman tidak perlu risau, karena berikut adalah materi-materi yang terdapat di KTSP maupun Kurtilas. Karena supaya adil maka materi yang terdapat pada keduanya alias irisannya yang akan menjadi materi UN tahun 2016. Dari pada cari bocoran kunci yang gak jelas kehalalannya (hehe..) mendingan teman-teman memperdalam materi-materi berikut.
Biologi
Level Kognitif
|
Makhluk hidup dan lingkungannya
|
Struktur dan fungsi makhluk hidup |
Pengetahuan
· Mengidentifikasi
· Mendeskripsikan
· Mengklasifikasi
· Menunjukkan
· Menjelaskan
· Menentukan
|
Siswa mampu memahami dan menguasai
konsep:
- gejala alam biotik dan abiotik
- ciri-ciri/karakteristik
makhluk hidup
- keragaman pada sistem
organisasi kehidupan
- interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
|
Siswa mampu memahami dan menguasai
konsep:
- sistem gerak pada manusia
- sistem pencernaan manusia
- sistem peredaran
darah
- sistem pernapasan
- sistem ekskresi
- sistem reprodusi
manusia
- jaringan tumbuhan
- kelangsungan
hidup organisme melalui kemampuan
bereproduksi
|
Aplikasi
· Memberi
contoh
· Menyimpulkan
· Menerapkan
· Menghubungkan
· Memprediksi
· Membandingkan
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang:
- interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
- kepadatan
populasi manusia
- pencemaran lingkungan
- alat untuk mengenal gejala-gejala kehidupan
- prosedur pengklasifikasian
makhluk hidup
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- faktor-faktor yang berpengaruh pada sistem
gerak
- percobaan
dalam sistem
pencernaan
- mekanisme peredaran
darah
- percobaan
sistem pernapasan
- menjaga kesehatan sistem
ekskresi
- kelainan dan penyakit pada sistem
reproduksi manusia
- keterkaitan struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan
- percobaan
fotosintesis
- kelangsungan
hidup organisme melalui kemampuan
bereproduksi
|
Penalaran
· Menganalisis
· Mensintesis
· Mengevaluasi
· Menilai
· Mempertimbangkan
· Memecahkan masalah
· Memberi
argumen
|
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
- pengelolaan
lingkungan
untuk mengatasi
pencemaran
dan kerusakan lingkungan
- dampak interaksi makluk hidup dan lingkungannya
- pengaruh kepadatan
populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya
|
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
- keterkaitan antara sistem
organ pada manusia
- keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan
- pola hidup sehat
- manfaat perkembangbiakan
tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan
manusia
- percobaan
fotosintesis
|
Fisika-Kimia
Level Kognitif
|
Pengukuran, zat dan
sifatnya
|
Mekanika dan Tata Surya |
Gelombang, Listrik dan Magnet
|
Pengetahuan dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menyebutkan
· Menunjukkan
· Membedakan
· Mengelompokkan
· Menjelaskan
|
Siswa mampu memahami tentang:
1.Pengukuran
2.Besaran dan satuan
3.Konsep zat dan wujudnya
4.Zat serta perubahannya
5.Zat aditif,
zat adiktif, dan psikotropika
6.Partikel zat
7.Pencemaran
8.
Campuran
9.
Larutan
|
Siswa mampu memahami tentang:
1.
Gerak lurus
2.
Hukum newton
3.
Usaha dan energi
4.
Pesawat sederhana
5.
Suhu dan kalor
6.
Tekanan
7.
Tata surya
|
Siswa mampu memahami tentang:
- getaran dan gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan magnet
|
Aplikasi
· Mengklasifikasi
· Menginterpretasi
· Menghitung
· Mendeskripsikan
· Memprediksi
· Mengurutkan
· Membandingkan
· Menerapkan
· Memodifikasi
|
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan tentang
1.
Pengukuran
2.
Konsep zat dan wujudnya
3.
Zat serta perubahannya
4.
Zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
5.
Partikel zat
6.
Pencemaran
7.
Campuran
8.
Larutan
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
1.
Gerak lurus
2.
Hukum newton
3.
Usaha dan energi
4.
Pesawat sederhana
5.
Suhu dan kalor
6.
Tekanan
7.
Tata surya
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- getaran
dan gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan magnet
|
Penalaran dan logika
· Menemukan
· Menyimpulkan
· Menggabungkan
· Menganalisis
· Memecahkan masalah
· Merumuskan
|
Siswa mampu bernalar
tentang:
- pengukuran
- konsep zat dan wujudnya
- zat serta perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- pencemaran
- campuran
- larutan
|
Siswa mampu bernalar
tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- tekanan
- suhu dan kalor
|
Siswa mampu bernalar
tentang:
- getaran dan gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan magnet
|
Indikator Fisika
1. Besaran Pokok dan besaran turunan:
Siswa dapat mengelompokkan data spesifikasi suatu produk berdasarkan besaran pokok atau besaran turunan.
2. Pengukuran:
Siswa dapat mengukurbesaran tertentu dengan alat ukur yang benar misalnya panjang benda/binatang yang mempunyai ukuran tertentu (misal 4 mm).
3. Energi Potensial, Kinetik atau Kimia:
Disajikan 4 pernyataan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan dua pernyataan yang berkaitan dengan bentuk energi potensial/kinetik/kimia.
4. Energi Potensial dan Kinetik:
Disajikan gambar lintasan benda yang dilempar parabola, siswa dapat menentukan energi kinetik dan energi potensial pada posisi tertentu.
5. Termometer:
Siswa mampu mengkonversi skala termometer buatannya dengan skala termometer Celsius/Reamur/Fahrenheit
6. Kalor:
Disajikan ilustrasi kalor yang diperlukan untuk mengubah suhu suatu zat dan disajikan tabel berisi nama zat beserta nilai kalor jenisnya, siswa dapat menentukan nama zat berdasarkan ilustrasi tersebut.
7. Bimetal
Disajikan empat gambar bimetal melengkung dengan berbagai posisi, dan tabel koefisien muai dari logam-logam tersebut, siswa dapat menentukan 2 gambar yang benar.
8. Perpindahan Kalor:
Disajikan 5 pernyataan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan 3 pernyataan yang berkaitan dengan peristiwa konduksi/konveksi/radiasi.
9. GLB dan GLBB
Disajikan tabel berisi empat pernyataan berkaitan dengan kecepatan dan percepatan, siswa dapat menentukan 2 benda yang mengalami GLB dan GLBB.
10. Hukum II Newton
Disajikan 4 gambar benda yang sama massanya, dikenai 3 gaya berbeda besar dan arah, siswa dapat menentukan benda yang memperoleh percepatan terbesar/ terkecil (gambar sebagai option).
11. Karakteristik bahan
Disajikan ilustrasi penggunaan suatu bahan untuk alat tertentu, siswa dapat menentukan jenis bahan yang sesuai berdasarkan sifat dan karakteristiknya.
12. Pesawat sederhana
Disajikan gambar tuas, siswa dapat menentukan kuasa terkecil/terbesar dengan mengubah posisi titik tumpu/beban/kuasa.
13. Pesawat sederhana
Disajikan 5 kegiatan manusia dan alat yang dipergunakannya, siswa dapat menentukan 2 kegiatan yang menggunakan jenis pesawat sederhana tertentu.
14. Tekanan Hidrostatika
Disajikan 4 gambar benda dari bahan yang sama dengan volume berbeda dimasukkan ke dalam tabung berisi zat cair yang berbeda, siswa dapat menentukanzat cair yang massa jenisnya palingbesar atau paling kecil.
15. Tekanan Hidrostatika
Disajikan gambar 2 buah benda berada dalam air dengan kedudukan tertentu, siswa dapat menentukan perbedaan (selisih) letak benda jika besaran lain diketahui dengan menggunakan prinsip tekanan hidrostatis.
16. Ayunan / Getaran
Disajikan 4 gambar ayunan sederhana dilengkapi dengan data terkait seperti massa bandul, panjang tali, dan besar simpangan,siswa dapat menentukan frekuensi atau periode yang terbesar dan terkecil.
17. Bunyi Pantul
Disajikan gambar dasar laut yang memiliki ketinggian berbeda, siswa dapat menentukan perbedaan ketinggian dasar laut tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari alat pengukur kedalaman laut dengan menggunakan konsep pemantulan bunyi.
18. Gelombang
Disajikan 4 gambar gelombang transversal yang berbeda namun diperoleh dari seutas tali yang panjangnya sama, siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang yang terbesar jika waktu untuk merambat diketahui(option jawaban dalam bentuk gambar).
19. Sifat Cahaya
Disajikan 4 peristiwa berkaitan dengan cahaya dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan dua sifat cahaya yang benar.
20. Alat Optik
Disajikan tabel 4 baris dan 3 kolom pernyataan terdiri dari jenis aktivitas sehari-hari, cermin/lensa yang digunakan dan alasannya, siswa dapat menentukan 2 pernyataan yang tepat.
21. Cermin dan Lensa
Disajikan gambar benda didepan cermin cekung sebagai stimulus yang diketahui perbesarannya, peserta didik dapat menentukan sifat bayangan benda jika benda digeser mendekati atau menjauhi posisi awal pada jarak tertentu.
22. Gerhana
Disajikan 4 pernyataan tentang terjadinya gerhana matahari/bulan, siswa dapat menentukan 2 pernyataan benar terjadinya gerhana matahari/bulan.
23. Akibat Rotasi dan Revolusi
Disajikan tabel sebagai berikut!
No
|
Fenomena Alam
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
24. Listrik Statistik
Disajikan gambar dua benda bermuatan listrik pada jarak tertentu, siswa dapat membadingkan gaya elektrostatika jika muatan dan jarak benda diperbesar/diperkecil.
25. Pemuatan listrik statis
Disajikan tabel dengan 3 kolom berisi contoh pemuatan benda, kelebihan/ kekurangan elektron dan jenis muatan benda, siswa dapat menentukan pasangan yang benar (option dalam tabel).
26. Rangkaian Listrik
Disajikan gambar 4 buah lampu yang hambatannya dirangkai secara campuran, siswa dapat mengurutkan lampu yang menyala dari paling terang sampai yang paling redup.
27. Energi Listrik
Disajikan ilustrasi penggunaan 4 alat listrik dalam kehidupan sehari-hari dan besaran terkait diketahui, siswa dapat menghitung biaya rekening listrik dalam penggunaan 1 bulan.
28. Rangkaian Listrik
Disajikan 4 rangkaian yang masing-masing rangkaian tersusun seri, paralel dan campuran, siswa dapat menentukan rangkaian yang megalirkan arus terkecil/terbesar (gambar berbagai option).
29. Pembuatan Magnet
Disajikan 4 buah gambar, siswa dapat menentukan 2 gambar yang tepat cara membuat magnet.
30. Transformator
Disajikan tabel dua transformator dengan data tegangan kuat arus dan jumlah lilitan, siswa dapat menentukan jenis transformator dan alasannya.
Indikator Kimia-Biologi
Indikator
ke
|
Indikator
soal
|
1
|
Disajikan gambar/contoh produk makanan
siswa dapat menentukan zat aditif yang digunakan
|
2
|
Menjelaskan efek yang ditimbulkan dari zat
adiktif/psikotropika tertentu
|
3
|
Menjelaskan cara pencegahan
penggunaan zat adiktif/psikotropika
bagi remaja
|
4
|
Disajikan gambar/kegiatan makhluk hidup
siswa dapat menentukan ciri yang makhluk hidup yang sesuai
|
5
|
Disajikan 2 kelompok hewan/tumbuhan siswa
dapat menjelaskan ciri yang sesuai
|
6
|
Disajikan ciri-ciri
hewan/tumbuhan siswa dapat menentukan kelompok makhluk hidup yang sesuai
|
7
|
Siswa dapat menjelaskan peranan
makhluk hidup tertentu pada suatu ekosistem.
|
8
|
Disajikan kasus pencemaran/kerusakan
lingkungan siswa dapat menjelaskan cara mencegah /mengatasi
pencemaran/kerusakan lingkungan.
|
9
|
Menjelaskan pengaruh pertambahan kepadatan
populasi penduduk terhadap kualitas lingkungan dengan atau tanpa grafik
pertambahan penduduk.
|
10
|
Disajikan gambar struktur tulang/otot siswa
dapat menentukan nama/fungsi bagian bagian tulang/otot tertentu
|
11
|
Disajikan data/gambar kegiatan
gerak tubuh tertentu siswa dapat menjelaskan sendi/otot yang berperan
|
12
|
Siswa dapat menentukan hubungan yang tepat
antara nama-nama enzim pencernaan dengan fungsinya yang disajikan dengan
tabel
|
13
|
Disajikan proses pernapasan tertentu siswa
dapat menentukan alat/organ tempat terjadinya proses tersebut
|
14
|
Siswa dapat mendeskripsikan
ciri-ciri penyakit sistem pernapasan
tertentu
|
15
|
Siswa dapat mendeskripsikan
fungsi ruang/bagian jantung/pembuluh darah tertentu.
|
16
|
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
pada bagian alat ekskresi tertentu ( ginjal )
|
17
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi salah satu
bagian alat indera tertentu ( mata/telinga )
|
18
|
Disajikan gambar penampang melintang organ
tumbuhan ( akar/batang/daun) siswa dapat menentukan nama dan fungsi bagian
organ tsb.
|
19
|
Disajikan gambar tumbuhan dengan
stimulusnya siswa dapat menjelaskan respon yang dilakukan tumbuhan tersebut.
|
20
|
Disajikan data/gambar percobaan
fotosintesis siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan fotosintesis
|
21
|
Disajikan data/gambar percobaan
fotosintesis siswa dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi fotosintesis
|
22
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi
yang dilakukan oleh makhluk hidup tertentu
|
23
|
Disajikan persilangan dihibrid siswa dapat
menentukan genotip/fenotip yang bersifat unggul
|
24
|
Siswa dapat menjelaskan proses
yang terjadi dalam pemanfaatan bioteknologi tertentu
|
25
|
Siswa dapat menentukan mikroba tertentu
yang digunakan dalam bioteknologi konvensional di bidang pangan
|
26
|
Disajikan data fenomena tentang gejala alam
siswa dapat mengidentifikasi gejala alam biotik/abiotik
|
27
|
Disajikan data/gambar alat-alat teknologi
tertentu siswa dapat mengidentifikasi alat-alat yang digunakan untuk
mengenali gejala alam biotik/abiotik
|
28
|
Siswa dapat menjelaskan dampak interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan terhadap lingkungan/kehidupan.
|
29
|
Siswa dapat menentukan nama bagian organ
reproduksi pria/wanita berdasarkan fungsinya.
|
30
|
Siswa dapat menjelaskan hubungan antara
kelangsungan hidup organisme dengan dengan kemampuan reproduksi
|
31
|
Siswa dapat menentukan jaringan tumbuhan
yang memiliki ciri-ciri/fungsi tertentu.
|
32
|
Siswa dapat menentukan beberapa sistem
organ yang memiliki keterkaitan dalam melakukan aktifitas tertentu
|
33
|
Siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan
sistem pencernaan
|
34
|
Siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan
sistem pernapasan
|
35
|
Menentukan mikroba penyebab terjadinya penyakit
menular seksual tertentu
|
36
|
Menjelaskan hal-hal yang menunjang pola
hidup sehat ( pola makan, aktifitas sehari-hari ) yang berhubungan dengan
sistem ekskresi
|
37
|
Menjelaskan hal-hal yang menunjang pola
hidup sehat ( pola makan, aktifitas sehari-hari ) yang berhubungan dengan
sistem pencernaan
|
38
|
Menjelaskan keterkaitan struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan dalam kehidupan
|
39
|
Memberikan contoh manfaat perkembangbiakan
tumbuhan / hewan untuk kesejahteraan manusia
|
40
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar